Bollard Pengaman Jalan dan Trotoar

bollard pembatas jalan

bollard pembatas jalan

Jika kita membicarakan bollard, bollard identik dengan benta yang ada di pelabuhan yang berfungsi untuk menambatkan tali kapal. Namun, kini bollard juga difungsikan sebagai pembatas sekaligus pengaman jalan dan trotoar. Jika anda melihat sebuah tiang yang berada di jalan dan trotoar dengan tinggi setengah badan manusia yang dipasang berjejer, itulah yang dinamakan bollard.

bollard pada jalan memiliki fungsi untuk mengamankan area baik jalan atau trotoar agar tidak dimasuki mobil, gerobak dagang, ataupun kendaraan lainnya. Dengan tingkat kemacetan yang semakin parah, tidak menampik jika kendaraan menggunakan trotoar sebagai jalan kendaraan saat macet. Untuk itu, bollard diperlukan agar trotoar tetap memiliki fungsi sebagai jalur untuk pejalan kaki.

Seperti trotoar yang terpasang pada area taman makan Bung Karno yang berada di Blitar, Jawa Timur. Kawasan makam Bung Karno Tersebut kini lebih diperketat dengan dipasangnya bollard pengaman jalan dengan tujuan agar mobilĀ  tidak dapat masuk atau melewati area tersebut tanpa seizin petugas.

Sebagai informasi, bollard jalan pada taman makam Bung Karno tersebut terbuat dari bahan stainless steel yang diproduksi oleh Kembar Teknika. Bollard jalan ini juga dilengkapi dengan ornamen unik di bagian ujung bollard yang terbuat dari bahan besi cor dengan desain dua ikan hias Koi sebagai ikon kota Blitar.

Dengan dipasangnya bollard pembatas jalan ini, area yang ingin di lindungi baik jalan atau trotoar akan teramaknkan dengan sempurna. Tortoar juga akan tetap memiliki fungsi sebagai jalur untuk pejalan kaki bukan jalur kendaraan atau tempat jualan.