Pemberat Pelampung Suar | Counter Weight Buoy

pemberat pelampung suar

pemberat pelampung suar

Indonesia menyandang sebagai negara maritim. Status ini tersemat kepada Indonesia karena Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di Dunia. Dengan menyandang sebagai sebuah negara maritime terbesar, sarana transportasi laut pun harus semaksimal mungkin. Ini memungkinkan konektivitas antar pulau mejadi efektif dan mudah.

Transportasi jalur laut kini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia ketimbang jalur udara. Untuk itu, pengoptimal alat navigasi laut menjadi hal yang wajib dilakukan agar keefektifan jalur laut terus terjaga. Salah satu alat navigasi laut yang sangat penting adalah pelampung suar (buoy). Apa itu pelampung suar (buoy)?

Pelampung suar adalah alat bantu navigasi yang sangat penting bagi para navigator untuk memandu saat mereka mengarungi lautan. Pelampung suar juga berfungsi untuk memandu kapal saat kapal akan memasuki wilayah perairan suatu pelabuhan. Pelampung suar berbentuk seperti antena pemancar yang mengapung di lautan.

Pelampung suar dibuat sedemikian rupa agar tetap bisa mengapung di lautan sehingga dapat berfungsi sebagai alat navigasi. Pelampung suar dipancangkan di perairan laut dengan jangkar atau sejenis pemberat lainnya. Ini bertujuan agar posisi pelampung suar (buoy) tetap stabil saat terkena ombak.

Ada dua jenis pemberat buoy yang sering digunakan yakni jangkar dan balok pemberat. Jenis pemberat pelampung suar selain jangkar bisa anda lihat pada gambar di bawah ini. Pemberat pelampung suar tersebut berbentuk seperti balok. Alat pemberat pelampung suar tersebut terbuat dari bahan cor logam (cast iron). Memiliki berat lebih dari 100 kg setiap unitnya sehingga mampu menjaga pelampung tetap stabil di lautan.