Video Cara Pembuatan Benda Uji Beton

Pengujian beton merupakan prosedur penting dalam teknik sipil. Metode pengujian kuat tekan beton bertujuan untuk menentukan kuat tekan (compressive strength) dengan sebuah benda uji yang dibuat dan dimatangkan di laboratoium ataupun di lapangan. Benda yang digunakan dalam metode pengujian ini ada beberapa macam yakni benda uji beton silinder, kubus, dan kerucut. Namun apah anda mengetahui cara pembuatan benda uji beton tersebut?

Dalam membuat benda uji beton, bisa dibilang susah-susah gampang. Yang dibilang susah mungkin pada bagian pembuatan adonan beton. Untuk mendapatkan kualitas beton yang bagus, ada beberapa campuran lain selain pasir, semen, dan air. Bahkan, ada beberapa yang mengungkapkan pasirnya harus memakai pasir Merapi yang halus.

Pada tahap pencetakan, proses pembuatan benda uji beton tidaklah terlalu sulit. Jika komposisi adonan beton sudah didapat, tahap pencetakan sangat mudah. Alat yang digunakan adalah alat cetak benda uji beton dengan bentuk sesuai yang diinginkan. Alat cetak benda uji beton ini sangat mudah untuk digunakan karena pada bagian dalamnya sangat halus sehingga saat dilepas, beton tidak akan rusak.

Proses pembuatan atau pencetakan benda uji beton, kami ilustrasikan pada video diatas. Benda uji yang kami cetak adalah benda uji beton kubus dan silinder dengan alat cetak yang sama. Untuk alat cetak benda uji kubus, kami menggunakan 3 jenis cetakan yakni ukuran 15×15, 10×10, dan 5×5. Proses pembuatannya bisa anda saksikan pada video. Anda bisa menyaksikannya di channel youtube kami DISINI.